A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Division by zero

Filename: public/Readmore.php

Line Number: 37

Backtrace:

File: /home/maminatc/public_html/application/controllers/public/Readmore.php
Line: 37
Function: _error_handler

File: /home/maminatc/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Siswa MA MINAT menyabet gelar juara Puisi Bahasa Arab tingkat Nasional | MADRASAH ISLAMIYAH NAHDLATUTTULLAB

MADRASAH ISLAMIYAH NAHDLATUTTULLAB

Jl. Kemerdekaan Timur No.16 Kesugihan Kidul (0282) 6181132

Madrasah Hebat, Madrasah bermartabat.

Siswa MA MINAT menyabet gelar juara Puisi Bahasa Arab tingkat Nasional

Jum'at, 02 April 2021 ~ Oleh Muhammad Saifulloh ~ Dilihat 2779 Kali

Pada tahun 2019 MA MINAT mulai membuka jurusan baru yang digadang-gadang sebagai jurusan unggulan yaitu Jurusan Keagamaan. Dimana para siswa pada jurusan ini dituntut dengan berbagai keahlian tambahan disamping dengan bidang yang didalami yaitu seputar keagamaan. Para siswa mendapatkan porsi lebih dalam pembelajaran bahasa asing yang diharapkan mampu untuk mempraktikkan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari.

Hal ini dibuktikan dengan keberhasilan MA MINAT menyabet salah satu gelar juara dalam Hamasah Arabiyah Festival (Harfest) Universitas Prof. Dr. Hamka Jakarta yang dilaksanakan pada tanggal 25 sampai 31 Maret 2021 secara daring. MA MINAT mengirimkan 4 siswa/i dengan cabang lomba Pidato dan Puisi Bahasa Arab diantaranya: Adelia Cahya Ningrum dan Dai Rosyadi dibidang Puisi Bahasa Arab, Vina Nur Amalia dan Muhammad Azky Kandayas dibidang Pidato Bahasa Arab. 

Festival ini diadakan oleh Universitas Prof. Dr. Hamka tiap tahunnya untuk umum. Kegiatan yang diprakarsai oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Arab ini diharapkan mampu membumikan Bahasa Arab dikehidupan sehari-hari sesuai dengan tema "Mengimplementasikan Semangat Pemuda dalam Berbahasa Arab untuk Menciptakan Generasi yang Berkarya". 

MA MINAT melihat event ini sebagai peluang yang bagus dalam menghidupkan kembali semangat para siswa-siswi khususnya di Jurusan Keagamaan untuk selalu semangat dan memperhatikan pentingnya menguasai Bahasa Asing dalam kehidupan ke depannya. "kegiatan-kegiatan seperti ini menjadi momentum yang sangat bagus untuk memotivasi para peserta didik dalam mengimplementasikan Bahasa Asing khususnya Bahasa Arab dalam kegiatan sehari-hari mereka". Ucap Usth. Nur Anisa, salah satu Tenaga Pengajar MA MINAT yang juga salah satu pelatih dalam kegiatan ini.

Para peserta ini dipilih melalui rekomendasi para Guru dan Pembina asrama yang dianggap paling mampu untuk membawakan pidato dan puisi berbahasa Arab. Dan setelah terpilih siswa siswi tersebut dilatih oleh para pelatih yang tentunya sudah sangat berpengalaman dalam dunia kebahasa Araban dan dunia kesastraan. Diantaranya adalah: Ustadzah Nur Annisa, S.Ag., Ustadzah Inarotul Khumairo, S.Pd., dan Ustadz Muhammad Saifulloh, S.E.

Peserta dan Pelatih

Bidang pidato yang dibawakan oleh Muhammad Azky Kandayas berjudul "Ahammiyyatu Allughatil 'Arabiyyah kalughatil 'Aalamiyyah" dan oleh Vina Nur Amalia yang berjudul "At-tatsaquful 'Arabi fi Indonesia". Sedangkan bidang puisi para siswa membawakan puisi yang sudah disediakan oleh panitia yang berjudul "dumu'u falasthin" yang dibawakan oleh Adelia Cahya Ningrum, dan "Ummi" yang dibawakan oleh Dai Rosyadi. 

Alhamdulillah dari ke-empat perwakilan MA MINAT, Adelia Cahya Ningrum yang membawakan puisi berjudul "dumu'u falasthin" berhasil mendapatkan gelar juara 2 setelah bersaing dengan 29 peserta lainnya dari seantero Indonesia. Pengkhayatan yang dibawakan oleh Adelia Cahya Ningrum tentang penindasan di wilayah Palestina betul-betul menguras emosi para penonton.

Ini tentunya menjadi momentum bagi MA MINAT dalam menggalakkan kembali Bahasa Arab dalam kurikulum Madrasah yang notabene sebagai Madrasah di bawah naungan Pesantren. Prestasi yang diraih ini betul-betul diharapkan mampu membangkitkan motivasi para siswa lainnya dalam fastabiqul khoirot. Dan juga diharapkan nantinya akan muncul prestasi-prestasi lainnya yang dicetak oleh para siswa siswi MA MINAT dalam bidang akademik maupun non akademik.

Bagi para pembaca yang belum melihat penampilan mereka, bisa ditonton di link:

  1. Adelia Cahya Ningrum (puisi Bahasa Arab) https://youtu.be/UfCfIcOEOk8
  2. Dai Rosyadi (Puisi Bahasa Arab) https://youtu.be/mriPPSUpk8k 
  3. Vina Nur Amalia (Pidato Bahasa Arab) https://youtu.be/dkZvLN4kbaE
  4. Muhammad Azky Kandayas (Pidato Bahasa Arab) https://youtu.be/VeQpPJx_Cq4

Untuk Pendaftaran Peserta Didik Baru klik di sini

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT