A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Division by zero

Filename: public/Readmore.php

Line Number: 37

Backtrace:

File: /home/maminatc/public_html/application/controllers/public/Readmore.php
Line: 37
Function: _error_handler

File: /home/maminatc/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

MA MINAT membuka pendaftaran Peserta Didik Baru Tahun Ajaran 2021-2022 | MADRASAH ISLAMIYAH NAHDLATUTTULLAB

MADRASAH ISLAMIYAH NAHDLATUTTULLAB

Jl. Kemerdekaan Timur No.16 Kesugihan Kidul (0282) 6181132

Madrasah Hebat, Madrasah bermartabat.

MA MINAT membuka pendaftaran Peserta Didik Baru Tahun Ajaran 2021-2022

Minggu, 28 Maret 2021 ~ Oleh Muhammad Saifulloh ~ Dilihat 3504 Kali

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi pada beberapa tahun terakhir ini Madrasah seolah-olah menjadi favorit bagi masyarakat. Dari Madrasah Ibtidaiyah bahkan sampai Madrasah Aliyah mengalami peningkatan pendaftaran yang signifikan. Tidak lain karena para orang tua sudah mulai mengerti akan pentingnya peran Agama dalam perkembangan hidup anak-anak mereka.

Madrasah dengan perpaduan pembelajaran umum dan pembelajaran agama yang seimbang menjadikan orang tua merasa tidak khawatir lagi dengan bekal ilmu agama yang harus dimiliki oleh anaknya walau hanya sekedar dasarnya saja. Banyak orang tua yang merasa lalai dengan hanya cukup mereka mengaji di Musholla, Surau, atau bahkan TPQ/Madin yang notabene hanya beberapa jam saja melakukan pembelajaran. Padahal pembelajaran agama harus mempunyai porsi yang besar untuk anak-anak yang tengah tumbuh kembang mencari sesuatu hal yang baru dalam hidupnya.

MA MINAT hadir sebagai jawaban kekhawatiran para orang tua yang merasa anak-anaknya harus mendapatkan ilmu yang seimbang antara ilmu agama dan ilmu umum. Walaupun dengan tiga jurusan yang berbeda, yakni: IPA, IPS, dan Keagamaan, MA MINAT tetap mengusahakan keseimbangan ilmu agama yang akan didapat oleh para siswanya. Dibuktikan dengan tes pemetaan kelas di setiap tahunnya. Pemetaan kelas di sini bukan untuk menseleksi siswa yang unggul dalam nilai umum. Melainkan tes untuk menentukan kelas yang didasarkan pada pemahaman keilmuan agamanya. Sehingga dalam mengajarkan ilmu agama bisa didapatkan hasil yang maksimal karena kemampuan basic agama yang sudah mereka miliki sama dalam satu kelasnya.

Mulai tahun ajaran 2019-2020, MA MINAT sudah membuka jurusan baru yang digadang-gadang mampu mencetak kader penerus ulama yang sangat kompeten dalam bidang agama maupun ilmu umum, yaitu jurusan Keagamaan. Jurusan Keagamaan ini merupakan jurusan unggulan yang mana siswa yang memilih jurusan Keagamaan harus menempat di asrama Madrasah yang bernama Ribath Nahdlatut Thullab Littadris wat Tahdzib. Hal ini bertujuan agar siswa jurusan Keagamaan mampu dengan baik menguasai kitab kuning sebagai sumber khazanah pengetahuan keilmuan Islam. Tentunya penguasaan kitab kuning tidak terlepas dengan penguasaan Bahasa Arab yang memadai. Para siswa jurusan Keagamaan mempunyai porsi besar dalam pembelajaran Bahasa Arab dalam sehari-hari. Tidak tanggung-tanggung, mereka mendapatkan porsi 12 jam Bahasa Arab di Madrasah dan penambahan materi Bahasa Arab di asrama. Sehingga mereka diharapkan mampu menguasai Bahasa Arab tidak hanya untuk kitab kuning saja, melainkan juga dapat dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak hanya Bahasa Arab saja, MA MINAT sadar betul akan tantangan zaman pada saat ini. Mau tidak mau kita juga dituntut untuk bisa bersaing dalam dunia global, maka di dalam jurusan Keagamaan pun diberikan porsi lebih dalam pembelajaran Bahasa Inggris sebagai bekal untuk para siswa dan juga santri untuk mampu berkiprah di dunia global.

Tidak hanya asrama khusus yang disediakan. Sebagai wujud Madrasah yang lahir dari kandungan Pesantren, MA MINAT bekerja sama dengan pondok-pondok pesantren yang ada di kawasan Kecamatan Kesugihan dan Kecamatan Maos. Antara lain: Pondok Pesantren Al Ihya Ulumaddin, Pondok Pesantren APIK, Pondok Pesantren Ainul Huda, Pondok Pesantren Assaasunnajaah, Pondok Pesantren Hidayatul Qur'an, Asrama Nurussalam, Pondok Pesantren Jabal Nuur, Pondok Pesantren Al Falah, Pondok Pesantren Miftahul Falah, dan masih banyak lagi.

Program Tahfidz juga menjadi salah satu tawaran yang sangat menarik dewasa ini. MA MINAT secara khusus menawarkan program Tahfidz di Jurusan Keagamaan dengan pendekatan yang ramah otak dengan target minimal 12 Juz saat kelulusan. Namun tidak hanya di Jurusan Keagamaan saja. Di Pondok Pesantren Al Ihya Ulumaddin sebagai rumah terbesar untuk siswa MA MINAT yang memilih jurusan IPA dan IPS juga sangat berkompeten dalam memberikan program tahfidz. Dengan diampu langsung oleh para khammilul Qur'an yang sudah sangat tersohor. Dan juga di beberapa Pondok Pesanren lainnya sudah mulai menawarkan program tahfidz sebagai penunjang bagi para siswa-siswi MA MINAT Kesugihan.

Tentunya MA MINAT juga sangat membenahi diri dengan memberikan fasilitas yang memadai bagi para siswa: terdapat 3 lokal gedung berlantai 2 yang representatif, 2 laboratorium komputer, laboratorium IPA, laboratorium Falak, Perpustakaan yang sudah support dengan Digilib (perpustakaan digital), kantin, dan juga para tenaga pendidik yang sangat berkompeten di bidangnya.

Jadi sudah saatnya anda semua untuk bergabung dengan MA MINAT. Untuk melakukan pendaftaran bisa langsung dengan klik tautan Link PPDB Tahun 2021-2022

Berdasarkan keputusan agenda Rapat pada tanggal  Kami beritahukan bahwa Persyaratan pendaftaran peserta didik baru Tahun Pelajaran 2021/2022 MA MINAT Kesugihan sebagai berikut :

  1. Foto Copy Ijazah dan SKHUN ( jika ada atau surat tanda LULUS ), 1 Lembar
  2. Foto Copy Akte Kelahiran, 2 Lembar
  3. Foto Copy Raport Semester 5
  4. Foto Copy KK, 2 Lembar
  5. Foto Copy KTP Orang tua, 2 Lembar
  6. Foto Copy Kartu Perlindungan Sosial (KPS)/Kartu BSM / KIP/PKH disertai dengan Surat Keterangan Tidak Mampu dari Desa (jika ada)
  7. Pas Foto Ukuran 3x4 : 2 Lembar

A. PROGRAM IPA / IPS

1

Biaya Pendaftaran

:

GRATIS

2

MATSAMA

:

 Rp         50.000

3

Iuran Oprasional Yayasan

:

 Rp         50.000

4

Biaya SPP / Bulan (………………………………………)

:

 Rp       100.000

5

Uang Seragam (Kain Seragam Yayasan dan Kaos Olahraga)

:

 Rp       300.000

6

Uang Jariyah

:

 Rp       650.000

7

 Buku Semi LKS 1 Paket

:

 Rp       400.000

8

JUMLAH TOTAL

:

 Rp   1.550.000

 

 B. PROGRAM KEAGAMAAN

1

Biaya Pendaftaran

:

GRATIS

2

MATSAMA

:

 Rp         50.000

3

Iuran Oprasional Yayasan

:

 Rp         50.000

4

Biaya SPP / Bulan (………………………………………)

:

 Rp       150.000

5

Uang Seragam (Kain Seragam Yayasan dan Kaos Olahraga)

:

 Rp       300.000

6

Uang Jariyah

:

 Rp   1.000.000

7

Buku Semi LKS 1 Paket

:

 Rp       400.000

8

JUMLAH TOTAL

:

 Rp   1.950.000

Madrasah Hebat, Madrasah Bermartabat. Salam, MA MINAT.

Informasi selengkapnya dapat menghubungi PPDB Online:

  1. Muhammad Saifulloh, S.E. : 085726055722
  2. Rosyidatul Minani, S.Pd.    : 082155575962
  3. Muhammad Yusuf Khusain : 081246374386

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT