A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Division by zero

Filename: public/Readmore.php

Line Number: 37

Backtrace:

File: /home/maminatc/public_html/application/controllers/public/Readmore.php
Line: 37
Function: _error_handler

File: /home/maminatc/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Pekan Bahasa MA MINAT Jurusan Keagamaan dan Ribath Nahdlatut Thullab | MADRASAH ISLAMIYAH NAHDLATUTTULLAB

MADRASAH ISLAMIYAH NAHDLATUTTULLAB

Jl. Kemerdekaan Timur No.16 Kesugihan Kidul (0282) 6181132

Madrasah Hebat, Madrasah bermartabat.

Pekan Bahasa MA MINAT Jurusan Keagamaan dan Ribath Nahdlatut Thullab

Kamis, 24 Juni 2021 ~ Oleh Muhammad Saifulloh ~ Dilihat 1121 Kali

Bahasa merupakan jendela dunia. Begitulah kira-kira peribahasa yang tepat betapa pentingnya bisa berbahasa. Karena dengan berbahasa setiap orang tidak akan kesulitan ketika berkomunikasi dengan siapapun. seperti dalam Al-Qur'an telah disebutkan dalam QS. Al Hujurot ayat 13: "Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal." Bagaimana mungkin dari setiap bangsa yang berbeda dapat saling mengenal jika tidak dengan komunikasi, sedangkan berkomunikasi pun menggunakan bahasa.

Dalam rangka membekali para siswanya untuk cakap dalam hal IPTEK dengan skala global, MA MINAT Jurusan Keagamaan menggandeng Asrama Madrasah yaitu Ribath Nahdlatut Thullab bekerjasama dengan lembaga pendidikan bahasa Al Azhar dari Pare Kediri untuk memberikan pelatihan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris selama 2 minggu sekaligus sebagai agenda mengisi masa liburan Semester Genap siswa Jurusan Keagamaan.

Suasana pembelajaran di Kelas Bahasa Arab

Jurusan Keagamaan sendiri merupakan salah satu jurusan yang digadang-gadang mampu menjadi unggulan dengan pembekalan ekstra Bahasa Arab, Bahasa Inggris, dan Tahfidz. Maka tidak heran jika kegiatan pelatihan bahasa ini dilaksanakan sebagai bentuk konkrit penunjang kemampuan berbahasa para siswa MA MINAT Jurusan Keagamaan. Karena para siswa diharapkan mampu mengaplikasikan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris dalam bentuk percakapan sehari-hari.

Kegiatan ini diberi nama "Pekan Bahasa Tahun 2021 MA MINAT Jurusan Keagamaan - Ribath Nahdlatut Thullab". Kegiatan ini akan berlangsung selama 2 minggu dari mulai 22 Juni - 05 Juli 2021 dengan bekerjasama dengan Lembaga Pendidikan Bahasa Al Azhar Pare Kediri. Menurut panitia pelaksana, kegiatan ini sengaja bekerjasama dengan lembaga profesional karena mereka sudah mempunyai image yang bagus dan track record dalam memberikan pelatihan Bahasa Arab dan Inggris. "kita ingin anak didik kita mampu menyerap bahasa dengan mudah dan ramah otak." Tutur Muhammad Saifulloh sebagai Panitia Pelaksana.

Para tutor yang ditugaskan di Jurusan Keagamaan oleh Lembaga Pendidikan Al Azhar Pare adalah: Mr. Ahmad Muqtashid dan Ms. Nur Silmi untuk program Bahasa Inggris serta Ust. Hudaepatul Anawar dan Usth. Liha Farikhatul untuk program Bahasa Arab. para tutor ini sangat kompeten dalam membawakan materi dan suasana sehingga para siswa tidak merasa jenuh walaupun harus mengikuti lima kelas dengan durasi masing-masing 1 jam setiap harinya.

Suasana Pembelajaran Kelas Bahasa Inggris

Kegiatan ini pun banyak disambut baik. Baik dari unsur pimpinan maupun para siswa. "kegiatan ini sangat bagus untuk meningkatkan potensi kita sebagai siswa dalam berbahasa apalagi kita memang disiapkan untuk bisa melanjutkan kuliah di Luar Negeri. jadi saya mengapresiasi sekali kegiatan ini." Ucap Dai Rosyadi, salah satu siswa MA MINAT Jurusan Keagamaan yang mengikuti Pelatihan Bahasa Inggris. Menurut para siswa juga merasa sangat ringan dan merasa ada suasana baru dalam belajar bahasa, seperti yang dituturkan Chamid Sarifudin, salah satu siswa yang mengikuti Pelatihan Bahasa Arab. "sebelumnya saya merasa berbahasa asing itu sulit. namun ternyata ini bisa dibawa dan diajarkan secara mudah dan dengan metode yang sangat mudah untuk dicerna. Alhamdulillah saya mulai termotivasi untuk nanti bisa berbicara Bahasa Arab secara lancar."

Jika kegiatan ini sukses mencetak para kader siswa yang berjiwa santri dan mumpuni dalam berbahasa, maka kegiatan ini akan dilaksanakan secara rutin untuk mengisi liburan para siswa khususnya di Jurusan Kegamaan yang  notabene mereka harus tinggal di Ribath Nahdlatut Thullab sebagai asrama Madrasah Aliyah MINAT jurusan Keagamaan. "Nantinya kegiatan ini akan secara rutin digelar jika nanti goals yang kita targetkan terpenuhi." pungkas Muh. Al Miftahul Munir selaku Waka. Kesiswaan MA MINAT.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT