A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Division by zero

Filename: public/Readmore.php

Line Number: 37

Backtrace:

File: /home2/maminatc/public_html/application/controllers/public/Readmore.php
Line: 37
Function: _error_handler

File: /home2/maminatc/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Sejarah Madrasah | MA MINAT Cilacap

MA MINAT Cilacap

Jl. Kemerdekaan Timur No.16 Kesugihan Kidul (0282) 695753

Madrasah Lebih Baik, lebih Baik Madrasah

Sejarah Madrasah

Kamis, 12 Oktober 2017 ~ Oleh admin ma Minat ~ Dilihat 315 Kali

Tujuan reformasi pembangunan dalam rangka penyelamatan dan reformasi kehidupan nasional yang tertera dalam GBHN adalah terwujudnya masyarakat Indonesia yang damai, demokratis, bekeadilan berdaya saing tinggi, maju dan sejahtera dalam wadah NKRI. Perwujudan masyarakat berkualitas tersebut menjadi tanggung jawab pendidikan, terutama dalam mempersiapkan perserta didik menjadi subyek yang mekin berperan menampilkan keunggulan dirinya yang tangguh,kreatif, mandiri dan profesional pada bidangnya masing-masing.
Melihat betapa pentingnya pendidikan bagi anak manusia agar eksistensi dari dan bangsanya semakan diakui oleh semua pihak, maka Kyai Badwawi Khanafi merasa terpanggil untuk berparsisipasi mendidik anak bangsa, dan akhirnya pada tgl 24 November 1925 M /1344 H didirikan pondok pesantren di desa Kesugihan Kabupaten Cilacap yang diberi Nama “ Pendidikan pengajaran Agama Islam “ yang disingkat PPAI. Dalam pondok pesantren ini lebih menitik beratkan pada kemampuan siswa didiknya dalam membaca, memahami Al Quran dan kitab-kitam salafi { Kitab kuning }untuk kemudian diamalkannya.
Pada tahun 1952 para Kyai dipondok PPAI ini mulai diterapkan sistim klasikal / Madrasi dengan mendirikan Madrasah Diniyah 9 tahun {Madrasah Ibtidaiyah 3th, Madrasah Wustho 3Th, Madrasah Ulya 3Th yang ketiga tingkatan itu diberi nama “ MINAT “. Dalam madrasah ini mulai dimasukan materi umum seperti Bahasa Indonesia, Matematika, Kwarganegaraan, Bahasa Inggris. Siswa siswi Madrasah ini mulai ada yang mengikuti Ujian negara walaupun prosentasinya masih sangat kecil..
Kompleksitas hidup dan kehidupan manusia yang semakin mengglobal menggugah semangat pada pengasuh pondok pesanren PPAI yaitu KH. Mustholih badawi dan KH. Khasbulloh Badwi meningkatkan peranya dalam mencerdaskan anak bangsa melalui pendidikan formal. Ide besar ini kemudian direalisasikan melalui perubahan status Madrasah diniyah { 9 Th } dengan tingkatan seperti tersebut diatas Menjadi Madrasah Tsanawiyah MINAT { 3 Th } dan Madrasah Aliyah MINAT { 3 Th } pada 1990 -1991. Sejak itulah Madrasah MINAT baik tsanawiyah maupun Aliyah mulai menerapkan kurikulum Departemen Agama dengan tambahan muatan lokal materi pesantren. Upaya untuk meningkatkan peranya dalam mencaerdaskan anak bangsa ini bisa dilihat dari perkembangan madrasah dalam segala aspek yang ada pada lembaga pendidikan. Misalkan dalam hal fisik, semakin terpenuhinya sarana pembantu KBM, Jumlah siswa semakin meningkat { Banyak} dan yang lebih jelasnya lagi Madrasah Aliyah MINAT ini sudah terakreditasi dengan nilai B.
Agar upaya yang terus dilakukan oleh pengelola Madrasah tidak berbelok arah, dan perjuangan itu betul-betul untuk mewujudkan impian para leluhur maka kami Pimpinan Madrasah Aliyah MINAT menysun VISI, MISI dan TUJUAN.

KOMENTARI TULISAN INI

...

H. Muarofudin, SH

Semoga dengan Adanya Pembaruan Website sekolah MA MINAT ini akan menjadikan Sekolah kita semakin Baik lagi, dan harapanya adalah semua…

Selengkapnya